Posted by: g1mg1m | September 27, 2008

Mimpi adalah Kunci….

 

Mimpi adalah kunci

Mimpi adalah kunci

Pernah suatu hari aku diminta mengirimkan CV sebelum menjadi pembicara suatu acara pelatihan kepemimpinan. Saat itu panitia sudah ngirimin template CV yang akan mereka pake sebagai guidline di acara itu. Di salah satu formnya, dituliskan Motto hidup. Awalnya bingung mw diisi apa, karena hampir setiap ada acara pelatihan diminta ngisi motto aku selalu isi dengan kalimat yang berbeda-beda. Tapi untuk acara yang terakhir kali, aku sudah menetapkan motto hidup. Di CV itu aku tuliskan, “Tidak ada mimpi yang terlalu besar untuk tidak bisa diraih”. Tulisan motto itu tidak keluar selintas begitu saja, seperti sebelum2nya namun bener-bener lahir dari berbagai kejadian yang aku pernah alami, mulai dari lulus kampus ITB dengan C**La***, menang i-cup, sampe ketemu Bill Gates di Jakarta. Dan semua itu memang aku awali dengan mimpi. 

Kalo aku inget2, kejadian ini diawali dari SMA. Ketika kelas I, di upacara hari senin, selalu ada pengumuman dari sekolah, siapa saja dari siswa SMU 5 sby yang berprestasi dan menjadi juara dari suatu lomba atau kompetisi di tingkat kotamadya, propinsi, ataupun nasional. Waktu itu, aku gemetar mendengar pengumuman yang dibacakan oleh Protokoler yang dari jauh nampak tinggi tegap dan cantik rupawan. Konon gadis itu menggunakan lambang garuda di kerah lehernya. Gadis itu mengucapkan, “GEMA ALMAMATER…”. Dari situ aku melihat ada beberapa kakak kelas yang maju menerima ucapan selamat dari kepala sekolah dan 1 piala lomba yang sangat besar (tingginya melebihi slah satu anggota tim itu…hehe). Di upacara yang panas menjadi tidak terasa menyengat. Keringat yang bercucuran terasa seperti air hujan yang segar. Pikiranku hanya tertuju pada suara yang menggema itu. Iya, suara GEMA ALMAMATER serasa menarik nyawa dalam diriku yang telah lama tertidur dan seakan memberi tahu kalo sekarang adalah waktu yang tepat untuk bangun dan berbuat sesuatu.

Kejadian di upcara itu membuatku hampir tidak bisa tidur semaleman, bertanya-tanya, apa yang siswa-siswa berprestasi itu lakukan sehingga seperti itu. Baju seragam sama, sekolah dari senin sampe sabtu sama, pulang sekolah setelah bel berbunyi juga sama. Bahkan kadang-kadang makan pecel dan sama-sama ngutang di kantin sekolah yang letaknya tidak jauh dari lapangan upacara. Lalu apa yang membuat mereka bisa seperti itu ? 

Untungnya waktu itu aku ngga berfikir untuk pergi ke dukun dan meminta dijadikan siswa yang pintar seperti halnya kejadian mahar dalam novel Laskar Pelangi. Aku hanya merenung dan akhirnya menyelesaikan sebuah PR Fisika dari guru baru di sekolah itu yang harus dikumpulkan minggu ini.

Keesokan harinya hampir seharian di kelas aku termenung. Belajar jadi ngga konsen (padahal harusnya lebih giat belajar lagi), yang aku pikirin cuma, “mungkin ngga ya aku bisa suatu saat nanti ? apalagi rata2 yang menang lomba dulunya SMPnya yang bagus2”. Kebanyakan berfikir, sampe waktu istirahatku tidak terasa telah habis. Bel tanda masuk kelas telah dibunyikan. Rasa lapar telah tergantikan dengan asyiknya renungan impian.

Teman sebangkuku heran, mungkin dalam benak pikirannya dia berkata, “kenapa lagi nih anak, diem mulu seharian di kelas”, ketika dia menepuk bundakku, secara sepontan aku berkata, “Suatu hari nanti, aku pasti menjadi salah satu orang yang di panggil oleh suara yang dahsyat dan menggelegar GEMA ALMAMATER”. Dari situlah aku belajar bermimpi. Belajar untuk menuliskan Mimpi di atas kertas dan di kepala dengan tinta emas yang tidak boleh luntur oleh air ataupun penghapus tercanggih di dunia (kayaknya yang ini berlebihan…hehe).

Hampir setiap pulang sekolah aku selalu baca buku Fisika, baca tentang bagaimana Katrol bekerja, bagaimana Gaya itu dirumuskan dengan faktor massa dan percepatan. Sampe ketika kelas satu SMA, aku sudah tau kalo integral bilangan konstan a terhadap variabel x adalah ax (bener ngga yah ? dah lama seingetnya dulu paham intgral lah pokoknya…hehe ).  

Perjalanan menuju mimpi tidak ada yang mulus, thomas alfa edison aja gagal mulu seblum nemuin lampunya. Berbagai lomba yang aku ikuti selalu berakhir dengan kekalahan, boro-boro bsa masuk final, masuk penyisihan awal aja sudah engga (Untungnya pas daftar ikutan lomba ngga ada seleksi-seleksian, klo ada sebelum ikutan dah gagal kayaknya waktu itu….). Tapi itu lah indahnya proses, dan hanya sebagian orang yang bisa melewatinya. Alhamdulillah, Allah memberiku kekuatan untuk itu.

Aku masih ingat piala pertama yang aku dapatkan setelah memenangkan lomba, sebuah piala yang ukurannya hampir menyamai tinggi badanku. Dan dalam hatiku berkata, “Aku akan memelihara setiap mimpiku seterusnya”. Seperti halnya dalam lagu nidji untuk OST laskar pelangi, “mimpi adalah kunci….”. Dan aku adalah orang yang sangat percaya dengan itu.


Responses

  1. Benar-benar bagus.
    Mimpi adalah harapan. Kalau dalam buku-bukunya paulo coelho selalu ada hal yang senada:

    “setiap orang memilki legenda pribadinya masing-masing. Tapi hanya orang yang berani bermimpilah yang bisa mencapainya”

    Entah bermimpi seperti Bill Gates, menjadi peneliti besar (my dream) atau salah satu orang terkaya di Dunia. Asal ada mimpi, bersedia membayar harganya, disiplin, dan konsisten insyaAllah bisa terwujud.

    Sesuai pribahasa lama: “Keberuntungan adalah saat dima persiapan bertemu kesempatan”. Tapi mimpi (niat) adalah awal segalanya.

  2. Kemarin kami mimpi ke Dubai. Eh, sekarang bener2 di Dubai.😀
    Teruslah bermimpi, tapi jangan lupa bangun untuk mewujudkannya!😉

  3. Mantep. Inspiring Bud.😀

  4. hohhoho budi, iya gema almamater😀

    Btw, ngobrol soal mimpi, sepakat bud…
    sejak SMP ak yakin ada kekuatan di balik impian

    Sebenarnya ak punya cerita serupa dgnmu tapi bedanya… levelnya lebih tinggi kamu hehehhE tapi intinya sama… “impian, what u think, what u do, what u get”
    sampe sampe setelah merasakan sekian kali nikmat yg diberikan Allah adalah berasal dari setitik mimpi2ku… akhirnya ak ga akan pernah takut bermimpi walo tdk sedikit orang berkata, kau akan sangat sakit ketika jatuh.
    Hahahahaha… that’s my risk… dan ak siap demi meraih kesuksesan🙂

    so, i’ll keep my motto ’till whenever…
    “Bermimpilah Setinggi Mungkin”

    ^^
    semangat selalu Bud…

  5. Agree banget bud..
    So much yang awalnya dari mimpi tiba2 kesampean..
    Pernah gw dikasih buku ama salah satu dosen d el, trus di buku itu, kita disuruh nulis hal2 yang pengen lo capai dalam hidup. Anyhings! eventhough it may sounds crazy as it seems..
    Trus, gw iseng nulis :
    – pengen k amrik
    – pengen k hongkong
    – k malaysia
    – k thailand.

    Gw inget banget nulis hal2 itu semua taun lalu.. Dan it less than 6 months till half of that comes true. and finally all those 4 destinations comes trus.. No idea at all kalo itu bakal kesampean… haha..

    Untungnya, gw nulis banyak banget mimpi yang pengen gw capai.. ada 100an kali ya.. somes are really silly, tapi..🙂 who knows what might happen in the future.. hope all those mimpi comes true lah.. Dan gw bersyukur nulis mimpi2 dudul itu banyak2.. Moga2, dari yang banyak itu, 50 atau mungkin 70%nya dikabulkan allah🙂

    Btw, lo sempet ketemu bill gates?? OMG!!… how is he?

  6. Yup, pas om Bill ke Jakarta, aku dapet kesempatan untuk ketemu langsung n jadi guest speaker sepanggung ama dia & SBY….incridible moments.

  7. iya.. mimpi itu penting bgt..
    lebih baik bermimpi yang gila daripada tidak sama sekali.. toh didunia ini g ada yg g mungkin..

    dampingi mimpi dengan ‘cinta’🙂.. ‘cinta’ terhadap sesama..
    benar,mimpi adalah kunci..

    tulisan yg inspiring Mas Budi..
    smoga bisa menularkan ke yang lain😀..

    ganbatte!

  8. Sepakat bgt!!!!… Tetep berkarya ya pak budi.. Ono..

  9. Sering kali kita mengejar MIMPI

    Seolah – olah impian itu adalah TARGET

    Susah payah penuh pengorbanan mimpi DIKEJAR

    Setelah tercapai kita akan kembali BERMIMPI

    Hidup adalah untuk IBADAH

    Ibadah itu bukanlah BERMIMPI

    Karena ibadah adalah hidup HARI INI

    Memaksimalkan HARI INI dan DETIK INI

    Masa depan adalah MISTERI

    Masa lalu adalah HISTORI

    Mimpi hanya membatasi KEMAMPUAN

    MAKSIMALKAN HARI INI UNTUK MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

    http://fusion-kandagalante.blogspot.com

  10. AKU SERING BANGET MIMPI JADI ORANG KAYA..
    TAPI,ORANG TUAKU BILANG KITA GAK BOLEH TERLALU KHAYAL KARENA KITA HARUS SYUKURI APA YANG ADA PADA DIRI KITA SEKARANG..TAPI,AKU PENGEN BANGET MIMPI ITU TERWUJUD.APA SALAHNYA SICH KALO AKU BERMIMPI???

    TOCH,,SEMUA ORANG BOLEH MIMPI…
    BANTU AKU DONG CARI SOLUSINYA

  11. AKU SERING BGT PENGEN JADI ORANG KAYA.TAPI,MAMI AKU NGELARANG AKU UNTUK MIMPI JADI ORANG KAYA..KATANYA SICH,,AKU HARUS SYUKURI APA YANG ADA PADA DIRIKU SAAT INI..

    AKU UDH SYUKURI SMUANYA TAPI,,SALAH JIKA AKU PNGN MIMPI????

  12. gak ada salahnya bermimpi tapi juga gunanya untuk apa? toh itu hanya permainan pikiran kita saja… dari pada bermimpi jadi orang kaya lebih baik action, soalnya mimpi itu mirip dengan NATO, NO ACTION TALK ONLY… trims


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: