Posted by: g1mg1m | October 16, 2008

Mobile Multiplayer Game “Pramuka”

Pramuka MMOG 

Hehe….ini dia satu lagi karya Ono Institute Of Technology (Institute dalam otakku). Iseng2 ikutan IWIC untuk yang kali ketiga, aku berusaha memeras otak untuk mencari ide yang tepat dan menarik. Awalnya idenya dengan membuat aplikasi sinkronisasi data, tapi lambat laun mulai tertarik dengan hal-hal yang berbau konten. Usut diusut, tidak sengaja melihat kalender bergambar kegiatan2 pramuka di Kosan. Kenangan masa lalu akan kegiatan itu muncul seketika. Lalu, tiba2 bertanya, lho pramuka sekarang gmn ya ? masih ada ngga ya ?

Akhirnya aku mencoba untuk mencari informasi tentang pramuka melalui internet. Ketika membuka beberapa artikel dan blog, ternyata prediksiku benar. Kaum muda saat ini sudah mulai meninggalkan pramuka. Mungkin banyak beralasan klo dunia kepramukaan itu kurang menarik, klo istilahnya di artikel sinar harapan itu dituliskan “pramuka identik dengan kurang gaul”. 

Karena semakin dalem dengan bacaan artikel-artikel yang ditemukan, akhirnya aku mencoba untuk menghubungkan permasalahan ini semua dengan ide solusi yang cukup lucu dan cocok untuk dicoba diajukan ke IWIC 2008. Aku mengusung tema, “Mobile Multiplayer Game bertajuk Pramuka”.

Kenapa dibuat menjadi game ? Sebenarnya tujuan utamanya dari ide ini bukan sebagai solusi langsung mengatasi penurunan jumlah anggota pramuka di Indonesia, tp ini lebih ke mencoba mengenalkan kepramukaan kembali melalui mobile game yang cukup unik dan menantang. Pemain akan diajak untuk memecahkan beberapa kode, membentuk regu, mengartikan peta, sampe dengan mengikuti virtual online jamboree. Semua ide game play itu sengaja dibuat hanya untuk memunculkan kesan menarik dan menyenangkan. 

Dengan keterbatasan waktu yang ada, tentu saja ide ini hanya sebatas konsep dan prototipe dulu. Ya, langkah awal coba ikut IWIC 2008 untuk kali ketiga n mematangkan ide kembali. Untuk implementasi pasti masih sangat jauh. Butuh waktu, tenaga, dan pikiran yang lebih. Namun, yang paling penting masih bisa berkarya…hehe😀

“Jangan pernah berhenti berkarya, meski sebatas coretan di sebuah kertas”


Responses

  1. wah, keren keren.. good stuff.. tapi kok gambarnya bule? atau gw salah liat? :-p

  2. itu ceritanya bapak pramuka sedunia, pak Robert Baden Powell😀

  3. hehe. mantab bud idenya.. kalo buat game ttg aktivis kira2 ‘content’ nya kyk apa ya ?😛

    Slmt Idul Fitri
    Maaf ats sgl slh & khlaf.
    .js

  4. All hail to Ono…

    Kenapa ga bapak pramuka indonesia aja
    Soeharto..😀

  5. asyiiiik,, sebagai mantan pramuka dan ketua regu,, salut banget ada ginian..
    pernah lho,, anak2 pramuka dicap gak gaul atau kampung.. padahal yah seru banget!
    dari cara mengenali alam,,pas banget kan dengan geografis Indonesia yang penuh dengan hutan..

    belajar baca “bahasa” arah rumput
    “dasadarma pramuka” kayak rukun imannya islam bagi pramuka

    belajar pake flag code,lupa namanya..

    oh yah,, there’s also international jamboree,, why dunt you make an international online game which can make all scout having a contact or chit chat.. hhihi

  6. Hoho…mantap2…berarti Karin boleh dunk dijadikan sebagai subject wawancara selanjutnya…hehe😀

    As soon as possible, I’ll will make this idea go to International. But, first steps, Indosat Wireless Innovation Contest 2008….:D AMien

  7. huiiiih.. keren..

    tapi setau Nita yg namany Pramuka,didaerah masih sangat tinggi loh peranny,, klo di kota besar mungkin uda g terlalu kedengeran tp klo daerah2 seperti madiun n yg lainnya yg namany pramuka masih punya peran yg cukup besar n pny daya tarik tinggi,, soalny klo Nita mudik,yg ngatur jalan2 dideket rumah itu Pramuka loh..

    pernah ngbrl jg sm sodara,katany disana yg namany Pramuka masih cukup ngetop n banyak peminatny,,

  8. Betul sekali nita…klo di daerah2 masih sangat luar biasa, namun sangat disayangkan di kota-kota besar sudah mulai dilupakan.

    Ayo kita hidupkan pramuka kembali, dan bikin lebih hidup untuk yang sudah hidup …😀

  9. hue ? uda yg k3 kali ?
    smangat brur..
    awa juga iseng ngirim..
    tp ga seaplikatif pramuka ^_^
    jadi minder …

  10. iyaaaaa…..ngga akan menyerah sampe bisa menang…:D
    Ayoo semangat bersama2 !!!
    ah…tahun kemarin minder2, tapi situ kan bisa lolos😀

    semangat !!

  11. wuaaah…keyeeeeeeennn…
    ayo semangat, bud!!

  12. iyaaaa. terima kasih…..ayo semangat !!!

  13. weisss…gamenya udah kluar bajakannya apa belum? *trully indonesia*

  14. hehe…..ntr aplikasinya dijualnya free kok, cuma pulsanya yang ngga…haha :))

  15. wuiih, ide sapa tuh keren abis bro,
    Untuk download game gratis lainnya bisa di
    http://se-games-themes.blogspot.com/ ( SE Games, Nokia Games, Motorola Games, Samsung Games Semua gratis coy

  16. wow kk wow…
    keren bgt bud.. :thumbup:
    gud luck, bro..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: