Posted by: g1mg1m | July 26, 2008

Diingatkan lagi

Sudah dua hari (kamis & jumat) aku ngga ada kerjaan yang berarti di tempat kerja. Ini semua dikarenakan jadwal yang harusnya reharsal ternyata dibatalkan. Tapi lumayan juga sih 2 hari santai, kan biasanya setiap hari selalu padat dengan kerjaan2 yang menanti. hehe….

Hari sabtu aku ternyata ada undangan dari HMIF untuk menjadi pembicara dalam acara Kaderisasi mereka. Beberapa hari sebelumnya panitia telah menghubungiku dan meminta untuk membawakan topik tentang kompetensi informatika itb di dunia real. Terus terang aku sangat tertarik membawakan materi itu, apalagi IT dan tantanganya makin perkembangan di Indonesia. Beberapa hari menjelang hari H, panitia memberitahukan bahwasannya aku akan dipanelkan dengan Bpk Riza Satria Perdana. Huh, awalnya agak ragu2, soalnya itu dosen bo’, tapi akhirnya ya dicoba deh.

Ketika hari H, ternyata tor berubah, aku diminta untuk menyampaikan materi tentang ‘software sebagai solusi permasalahan bangsa’. Seketika bingung, tapi ya sudah lah, ambil saja mic nya langsung deh ngomong seadanya. Karena blm dipersiapkan untuk topik itu, jadinya aku cuma bawainnya selama 30 mnt, dimana harusnya 45 mnt.Hehe…untungnya bisa bawain dengan cukup lumayan, ngga bagus2 amat, n ngga jelek2 amat. Kan aku ngukurnya dari berapa orang yang nanya.

Setelah selesai sesi tanya jawab, akhirnya pak riza sebagai pembicara kedua menyampaikan materi tentang realita bangsa di bidang informatika dan kompetensi kita. Materi itu beliau bawakan dengan sangat menarik. Aku saja sampai terbius dibuatnya (kebanting kualitas pembicaranya…hehe…). Bagian yang aku suka ketika beliau meminta peserta untuk menuliskan beberapa point yang membuat mereka bangga terhadap bangsa Indonesia.

Ketika itu peserta menuliskan apa yang membuat mereka bangga terhadap bangsa Indonesia. Ada yang menuliskan bangga ketika Indonesia memenangkan sesuatu, ada juga  yang bangga akan budaya, dsb. Dari tulisan itu semua, beliau cuma meminta satu hal kepada peserta setelah itu. Beliau meminta mereka untuk suatu saat nanti, menambahkan satu ato beberapa hal yang membanggakan untuk Indonesia dari mereka. Beliau juga menyampaikan bahwa sudah terlalu banyak hal yang negatif tentang negeri ini. Dan untuk membuat hal negatif itu sangat mudah. Misalnya dengan membuang sampah sembarangan, korupsi, dsb. Dan kembali lagi kalau membuat hal negatif atau positif terhadap bangsa ini adalah pilihan.

Dari situ aku merasa diingatkan oleh sesuatu, merasa diingatkan akan visiku kedepan. Dingatkan lagi akan Indonesia saat ini. Mudah2an aku akan selalu mengingatnya.

AMIEN.


Leave a Reply

Categories

