Posted by: g1mg1m | July 19, 2008

The incredible week

Hari itu menunjuk pukul 7.00 pagi, dan aku masih tergeletak di tempat tidur karena ngerasa sangat capek. Iya, penyebab capekku sangat sederhana, aku  mlmnya pulang pukul 4 pagi dari kantor. Dengan kata lain cuma tidur sekitar 3 jam. Sebuah hari yang berat ketika mlm itu. Sebenarnya aku bisa pulang lebih awal, tapi tiba-tiba ada sebuah pekerjaan datang dan tingkat kebutuhannya sangat mendesak. Dengan tenaga dan pikiran yang tersisa, aku memutuskan untuk mengerjakan hari itu juga.

 

Saat itu pikiranku sedikit kacau, karena aku telah mengambil langkah besar dalam hidupku untuk tidak bersama dengan tmn2ku lg dalam membangun sebuah perusahaan. Bukannya aku berambisi ingin punya sendiri atau sudah tidak ingin bekerjasama dengan mereka, tapi kondisi yang tidak adil dan sangat tidak bersahabat denganku membuatku mengambil langkah itu. Jujur saja itu sangat berat, karena itu menunjukkan klo aku adalah orang yang sangat tidak konsisten disana. Tapi biarkan saja opini itu muncul, yang terpenting dalam hatiku masih tersimpan mimpi yang sebenarnya ingin saya wujudkan dengan kondisi saat ini.

 

Pekerjaan yang aku terima di tmpt kerja mlm itu cukup rumit, tapi aku bisa menyelesaikan 2 dari 3 permasalahan yang ada. Ketika sudah menyelesaikan permasalahan kedua, aku malah menambah masalah baru, secara tidak sengaja, aku salah dalam melakukan query ke sebuah database, dan itu mengakibatkan data yang berjumlah 13 juta records menjadi hilang. Sebuah tekanan yang sangat luar biasa mlm itu. Mulai dari supervisor sampe dengan project manager pun datang dan meeting bersama denganku. Aku sangat merasa bersalah, apalagi keesokan harinya, data itu diperlukan untuk Stress test di hadapan client. Dengan rasa ingin membayar tanggung jawab itu, aku mengatakan ke supervisor kalo aku akan mengembalikan datanya dalam waktu satu mlm.

 

Setelah meeting usai, mereka memberikan aku kesempatan untuk mengembalikan data yang hilang dalam waktu satu mlm. Semua solusi yang sudah didiskusikan aku pertimbangkan dengan sangat matang. Dan akhirnya aku memilih sebuah opsi untuk menjalankan proses data population ulang. Awalnya aku tidak tenang, tapi beruntung ada teman2  yang menemani meskipun itu terjadi di dunia maya, dan akhirnya proses pengembalian data menjadi lancar. Saat itu waktu menunjukkan pukul 4 pagi. Dan ternyata aku telah berhasil mengembalikan data sebanyak 13 juta itu….huh…sebuah pekerjaan yang sangat menantang dan penuh pelajaran berharga.

 

Keesokan harinya aku bekerja dengan cukup santai, baca2 berita di internet dan mencari inspirasi sebagai obat untuk menyembuhkan lukaku karena tidak bisa membangun perusahaan bersama dengan tmn2ku lagi. Tidak terasa waktu sudah menunjuk pukul 8 mlm. Seorang tmn SMAku mengajak aku untuk berkumpul bersama di Plaza Senayan. Dengan senang hati aku mengatakan akan datang di pertemuan itu keesokan harinya. Dan mlm semakin larut, aku memutuskan untuk pulang ke kosan.

 

Sesampainya di kosan, ide tiba2 muncul di kepala, ide untuk membuat perusahaan dan aku bisa menjadi social entrepreneur yang aku cita2kan. Mlm itu harusnya aku tidur banyak, tapi malah diisi dengan berbagai ide berkelanjutkan untuk memulai membangun usaha itu. Dan aku memutuskan untuk memulai langkah awal dengan mengajak tmn2 SMAku yang ada di Jakarta.

 

Keesokan harinya setelah pulang kerja, aku berangkat ke Plaza Senayan untuk menemui mereka. Setelah berbincang2 lama, aku mengungkapkan ideku, dan tanggapan mereka sesuai yang aku harapkan. Ide ini memang luar biasa cemerlang. Bahkan jika aku berani memulai sekarang, dalam 2 tahun akan ada asset perusahaan senilai kurang lebih 2 milyar. Aku tidak ingin gegabah kali ini. Banyak pelajaran yang telah aku ambil sebelumnya. Aku ingin mengumpulkan data lebih banyak, mulai dari kebijakan pemerintah sampe dengan penerapan yang ada selama ini di Indonesia. Aku harus benar2 berfikir seperti seorang pengusaha besar. Dan langkah kecil untuk diriku adalah dengan banyak belajar lagi tentang bisnis.

 

Aku sangat bersyukur di minggu itu, sebuah minggu yang sangat luar biasa. Dan kata yang tepat untuk menggambarkan itu semua hanya “It’s the right time to moving forward”.


Leave a Reply

Categories

