Posted by: g1mg1m | June 21, 2008

Tantangan baru setelah menjadi sarjana IT

Sudah lama dan gatel rasanya tangan ini klo ngga nulis di blog. Ada 2 bulanan kayaknya. Trus ngapain aja ya gw 2 bulan terakhir ???

Wah…pertanyaan bagus tuh. Setelah menjadi sarjana asli ITB, gw bener2 ngerasa besar kepala. Gimana tidak, gelar IT (Interview dan Test) yang gw sandang tidak bisa lepas. Ikut tes sana, ikut tes sini. Padahal pingin banget kerja di BUMN, mulai dari dunia BUMN perbankan sampe telekomunikasi sudah gw jelajahi. Dan hasilnya ternyata masih sangat amat lama (prosesnya makan 2 bulan). Klo gw tunggu, bisa-bisa gw minta uang lagi dari ortu (opsi yang sangat tidak baik, kenapa ??? Ntr mereka nanya, “Kmu ini sudah lulus kok masih minta kiriman, bukannya 2 tahun kemarin dah bisa hidup sendiri ?”). Untuk menghindari masalah itu, akhirnya gw mengambil opsi untuk perushaan pertama yang bisa nerima, langsung diambil dulu. Dengan catatan sana-sini tentunya.

Hm…sudah gw duga, ternyata si perusahaan itu yang bakal nerima lebih awal. Dia amat luar biasa getol mengubungi gw. Sepertinya sangat tertarik sekali. Dari segi pendapatan memang tidak terlalu besar, tapi knowledge yang bakal gw dapet bakal sangat luar biasa. Dan dengan knowledge itu, gw bisa kembali ke tujuan karir hidup gw. Bolak-balik jakarta 4 kali sudah gw lakuin untuk tau lebih banyak tentang si perusahaan. Selama interview aja gw dah dapat banyak hal dari si interviewer. Mereka memang professional, mampu menciptakan environment yang kondusif di kantornya. Hampir semua orang yang berprestasi dari ITB mereka panggil satu-satu untuk di wawancarai (seandainya BUMN ada yang kaya gini, mungkin orang2 terbaik bisa diambil dulu). Mereka adalah orang2 yang tepat untuk menjadi rekan gw dalam belajar lebih banyak lagi.

Alhasildari proses yang memakan waktu 3 minggu itu, gw diterima. Mulailah perjalanan hidup gw di jakarta. Perjalanan awal yang sangat berat dan sulit untuk mengadu nasib di ibukota negara ini. Semua serba mahal, mulai dari makan sampe transportasi. Klo gw itung2, sepertinya setiap bulan akan sangat sulit untuk saving. Mungkin gw blm nemu strategi hidup sehat dan murahnya aja disini.

Gw dapet kosan yang bagus n cukup murah. Tempatnya bersih dan penghuninya sangat menarik. Meskipun rata2 dari mereka bapak2, tapi mereka ngga kaku klo ngobrol n bercanda ama gw.
Pernah mereka ngerjain gw, waktu itu mereka ngajak gw jalan2 n belanja ke hypermart, kita berempat berpencar untuk cari bahan belanjaan masing2, ada yang belanjanya buanyak, ada yang cuma kurang dari satu keranjang (alias gw…heheh :D). Pas kita pada mw bayar, gw sempet kaget melihat bahan belanjaan gw. “Kok ada barang D***x di keranjang gw ??”, beberapa detik kemudian salah satu dari mereka ketawa. Wah, sudah gw duga, mereka ini isengnya luar biasa. Sudah gitu, bilang lagi dia ke mbak2 kasirnya klo gw memang mw beli. Memang bapak2 genit itu….

Kebiasaaan bangun siang tentunya harus sudah mulai dihilangkan, gimana tidak, setiap hari harus bangun pagi biar bisa nyampe di tempat kerja tidak terlalu siang. Meskipun tiap kali dateng masih sepi, gw masih ngerasa harus datang pagi setiap hari (rejeki ada bagi orang2 yang bangun pagi :D). Kebanyakan rekan kerja gw bukan dari etnis yang sama ama gw, dan gw anggep itu justru tantangan untuk bisa berbaur dan melebur bersama mereka. Mereka punya gaya hidup yang berbeda ama gw pastinya, tapi yang bikin luar biasa, mereka sangat professional. Mereka tau “How to manage their times”, kapan harus main, kapan harus bekerja.

Ya begitulah kegiatan gw selama ini (2 bulan). Mungkin cerita detailnya pasti bakal gw tulis lagi. Dan tentunya dengan kejadian-kejadian yang menarik. Hehe😀


Responses

  1. luar biasa getol menghubungi lo?
    hahahahaha


Leave a Reply

Categories

