Posted by: g1mg1m | December 24, 2007

Pagelaran Seni Budaya ITB

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya”, hm…sebuah ungkapan yang sering gw denger…tapi bagi gw masih ada yang kurang dari itu, harusnya bunyi jadi kayak gini , “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah dan Budaya yang dimilikinya”. Lebih mantap kan…..

Pagelaran Seni Budaya, hm..benar-benar membuat gw kagum akan semangat tmn2 panitia dan warga ITB untuk mengingat dan mengikat kita kembali akan budaya2 yang ada di bangsa ini. Mungkin kita semua harus tau lho…kalo akhir2 ini banyak banget pengklaiman2 akan budaya kita oleh negara lain, dan ini sangat berbahaya. Sudah saatnya kita mulai mempunyai rasa untuk mengembangkan dan memiliki nilai-nilai yang ada di kebudayaan kita. Dah saatnya tidak ada perkataan terlalu kuno kalau kita mempelajari seni tradisional, karena justru “lo” yang kuno kalo tidak memiliki kepribadian sebagai bangsa Indonesia yang bangga akan budayanya.

Ada cerita yang menarik di PSB kemarin, ketika ada MC yang berbicara tentang budaya seni Reog, ada orang dari USA yang dateng dan melihat acara PSB ini. MC lalu mewancarainya dan menanyakan akan pendapat orang asing itu tentang budaya kita. Lalu dia bilang budaya kita unik dan menarik. Trus si MC nanya, kalo di USA budaya2 tradisional apa? lalu si turis menjawab, kalo di USA juga banyak banget, salah satunya adalah KFC (Kentucky Fried Chicken)….Dalam hati gw langsung ketawa…hahahaha….

Yuk, bangga akan budaya bisa jadi awal rasa cinta kita akan bangsa ini. Dan rasa cinta akan bangsa, bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan bersama. hoho….tinggi banget yak kata2 gw….hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: