Posted by: g1mg1m | August 7, 2007

Berita Imagine Cup @Korea 2007

Hm….dari mana ya mengawalinya ? Jadi inget ketika pertama kali menang di Indonesia. Hampir semua memberitakan…di Kampus, Media massa, dsb. Sayangnya dari berita-berita itu, tidak ada yang memberitakan mengenai peserta lain yang juara 2 atau 3 atau bahkan gagal dalam final. Kenapa ini penting? Karena Indonesia selalu hanya mengekspose kemenangan2 tanpa melihat bagaimana dan kenapa yang lain tidak berhasil melewatinya. So, kita semua tahu kita harus belajar dari kekalahan, faktanya kita kurang melakukannya.

Oke…cukup basa-basinya….sekarang berita dari imagine cup korea 2007. Untuk tahun ini, kategori software design mengubah metodenya. Ada 2 kali kesempatan untuk presentasi di babak pertama @ 20 menit + 10 menit tanya jawab. Tim kita dapet urutan kedua dari terakhir dan tergabung dalam Grup B (Slovenia,German, Korea, Rusia, Hongkong, Polandia, etc. FYI :kalo kata tim dari Jamaica, ini grup maut…hehehe….). Dan alhasil, yang lolos is : Korea dan Rusia (Sorry blm bisa membalaskan dendam ke Korea….hiks2)

Pertama-tama pasti ada rasa sedih dan kesal…ya kira2 lamanya 2 jam. Tapi setelah itu, kita having fun dulu…hehe…. Eits..eits…jangan salah berifkir dulu, kita g cuma having fun. Setelah itu kita langsung melakukan percakapan untuk mengevaluasi kenapa kita belum berhasil kali ini. Hasil evaluasinya : (Semoga berguna untuk the next Indonesia team)

1. Untuk event sebesar ini, persiapan harus selama 4 bulan minimal. (Kita masih deadliner…dan waktu yang ada untuk persiapan cuma 1 bulan sebelum ke korea).

2. Akibat dari kurang persiapan, kita kurang punya kenyakinan yang tinggi ketika menjawab pertanyaan dari Juri, terutama pertanyaan yang sebenarnya kita sudah tau bakalan ada pertanyaan itu, tetapi karena kita belum pernah mencobanya ke real user untuk waktu yang cukup lama (min 1 bulan) jadinya tidak ada masukan yang benar2 dari unsur pendidikan untuk buta huruf. (FYI : dari negara2 lain, banyak yang mengembangin proyeknya selama 4-6 bulan)
3. Sedikit skill bahasa inggris…..(Biar bisa jawab pertanyaan juriπŸ™‚ )

4. Ide bagus harus disertai teknologi yang lebih “Wow”. (FYI, thailand mengangkat hal yang sama terkait Buta huruf, tapi mereka bisa lolos. Teknologi yang mereka terapkan memang wow, dengan mengubah buku menjadi media visual melalui webcam).

5. Team Presentation Skill. Include : Kelancaran demo, alur presentasi, dan mungkin bukan presentasi (sing or dance or something).

6. Paling penting (Mnrt Gw)….Passion for Winning. Rasa ini yang bakal membuat lo semua menempatkan event ini sebagai prioritas tersendiri (Utama bagus tapi tidak harus) bagi yang ingin. Tim kita berpendapat, lebih baik ada pembinaan seperti pembinaan olimpiade fisika by Yohanes Surya. hehehe…jika memungkinkan.
Diluar itu semua, gw mengucapkan banyak2 terima kasih atas doa dan dukungan teman2 selama ini….

Tahun depan harus menjadi giliran kita untuk menang….sudah saatnya bangsa ini mendapatkan kebanggaan……

Tetap Semangat.

“Kami cinta Indonesia”

Berita lucu2an :

Laptop gw sempet running fedora 7…hehehe…gw lupa milih ke windows pas booting. Untungnya Juri blm ngeliat…..hahaha…..πŸ˜€


Responses

  1. Keren bud.. btw katanya dikira teroris karena gak ada surname nya ya?πŸ˜‰

    Salut buat tim AKSARA!!πŸ™‚

  2. @berita lucu2an…
    Mungkin sebenernya juri ngeliat Bud, tapi pura-pura ga ngeliat… terus itu jadi mengurangi penilaian dehπŸ˜›

  3. Hmm…, sharing pengalaman yg menarik. Berarti minimal 4 bulan persiapan ya mas? Nanti tim kita 6 bulan kalo perlu!

    Yasu, tunggu saya tahun depan ke Perancis. :p

    Kalo saya sih pengen menang di level internasional dan abis itu bilang, “I use Ubuntu for my laptop!”

    Hehe.

  4. Bener tho Bud? Yg penting tuh presentasinya heboh dan eye catching. Kalo perlu ada yg kayang2lah di depan juri, sambil nyanyi kucing garong. Hehe… pis2. Sabar ya jeng2 semua. Uda keren bgt tuh bisa ngeharumin nama ITB di luar negeri. Sugoi… Bravo bravo….

  5. balas dendam ke korea?

    dendam hanya untuk orang-orang yang gak bisa mengakui kelebihan orang lain…

    btw, selamet buat tim aksara

    OK2…mksd gw juga dendam …hehehe…maksudnya membalas saja….hehehe….

  6. German, Russia, atau Jepang ga perlu menangin lomba untuk buat negaranya maju dan menang perang …

    Berpikir lebih panjang dan visioner mungkin satu hal yang harus diterapkan pada masyarakat muda Indonesia yang meledak-ledak …

    Satu hal yang paling penting adalah konsistensi dalam menjalankan satu hal …

    Selamat buat tim Aksara …

    [Budi] Emang lo dah mikir apa Mon?
    Ini cuma sebagian kecil dari rasa kebanggaan untuk Bangsa Indonesia kalo kita bisa menang. Actually, there are deep impact too….

  7. Selangkah demi selanglah lah Bud, yang penting setiap tahun ada kemajuan, dan rantainya ga pernah putus. Taun depan lebih maju lagi, taun depannya gitu lagi, dan gue percaya pasti suatu saat kita bisa menang. Pertanyaannya, kapan??

    Tetep salut sama perjuangan Tim Aksara. Salut!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: