Posted by: g1mg1m | May 29, 2007

G bangga karena bahasa gw tingkat tinggi

Dulu pas sma gw pernah jadi ketua osis, pas itu banyak temen gw ngomong kalo bahasa omongan gw tingkat tinggi. Waktu itu gw bangga banget, karena gw berfikir kalo gw lebih spesial (munkgin I’am a part of heroes)…hahaha. Ketika kuliah sekarang….gw jadi mikir terutama ketika dosen gw mengatakan kalo banyak dari lulusan IF ITB kurang bisa ngomong n menjelaskan. Gw sih mikirnya mungkin karena mereka g pernah ikutan organisasi jadi sulit ngomong k publik….eh ternyata bukan itu saja faktor utama. Intinya bagaimana kita bisa nggunain bahasa kita yang bisa dimengerti orang lain untuk jelasin mksd kita..itu lebih penting dari sekedar kita menggunakan bahasa tingkat tinggi.

Emang sih dengan menggunakan bahasa yang agak tingkat tinggi menunjukkan identitas pendidikan kita, contohnya misalnya kita ngomong , “persoalan yang kita hadapi sebenarnya trivial”. Mungkin tidak semua orang kan tahu makna trivial, ato jangan2 malah kita g sadar kalo pake kata trivial di kalimat di atas kurang tepat….

So, gw g bakalan bangga kalo ada orang yang ngomong bahasa gw tingkat tinggi, justru gw harus evaluasi…….


Responses

  1. Yup. Belajar berbicara supaya bisa dimengerti orang itu tingkatannya lebih tinggi daripada bicara dengan bahasa yang menggunakan kata-kata sulit. Ga semua orang menyadari seperti yang lo tulis bud.


Leave a Reply

Categories

